Selasa, 08 Mei 2012

Sulbar Bangun Pembangkit Energi Listrik Tenaga Mikro Hidro di 128 Desa

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat membangun Pembangkit Energi Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) pada 128 desa mandiri energi di wilayah itu.

"Potensi energi listrik terbarukan di Sulbar sangat melimpah ruah. Makanya, kita tidak sulit untuk membangun PLTMH dengan memanfaatkan aliran sungai dengan menggunakan turbin produksi lokal sehingga kita telah mampu menghadirkan energi listrik yang tersebar pada 128 desa dari lima kabupaten di Sulbar," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh saat menghadiri acara panen raya buah kakao di Desa Batu Empat, Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, Selasa.

Menurutnya, pembangunan PLTMH pada 128 desa di Sulbar tersebar di lima Kabupaten, berkat jasa Ir Linggih, seorang ilmuwan yang merupakan alumni Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, tahun 1992.

Gubernur menyampaikan, Linggih merupakan putra kelahiran Mamasa yang kini telah melatih masyarakat yang ada di desa terpencil yang tidak memiliki listrik seperti di Kabupaten Mamasa untuk mengenal ilmu pengetahuan tentang teknik membuat PLTMH dengan memanfaatkan sungai.

"Ilmuwan peraih penghargaan desa mandiri energi tahun 2008 yang bukan sarjana teknik tersebut awalnya menguji coba Sungai Batanguru di Kabupaten Mamasa, untuk membuat PLTMH sederhana untuk kebutuhan listrik terhadap 300 kepala keluarga di Desa Batanguru dan akhirnya berhasil," katanya.

Oleh karena itu kata Anwar, pemprov Sulbar akan terus mengembangkan PLTMH bagi desa-desa yang belum mendapat layanan listrik dari PLN.

Termasuk kata dia, pemprov Sulbar akan membantu masyarakat Desa Batu Empat untuk membangun PLTMH karena daerah ini belum mendapatkan pelayanan listrik dari PLN.

"Tahun ini kita akan membangun PLTMH di Desa Batu Empat minimal bisa tuntas tahun ini. Jika nantinya pembangunan rampung maka saya akan datang kembali meresmikan pemanfaatan PLTMH di desa ini,"ucapnya.

Dengan demikian, kata dia, pembangunan PLTMH di Sulbar tahun ini telah mencapai 129 desa energi Mandiri.

Berkat keberhasilan ini kata gubernur maka pemerintah pusat akan menetapkan provinsi terbungsu ini menjadi provinsi penghasil energi terbarukan.

"Tahun ini pusat akan menepatkan sebagai provinsi penghasil energi terbarukan. Ini semua berkat jasa saudara Linggi yang mampu membuat turbin dengan memanfaatkan aliran sungai," katanya.(Iwn/Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar