Selasa, 08 Mei 2012

Gubernur Janjikan Pembangunan Jalan Tani di Papalang

Gubernur Sulawesi Barat, H.Anwar Adnan Saleh, kembali menjanjikan pembangunan jalan tani di Desa Batu Empat Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

"Potensi pertanian dan perkebunan di Desa Batu Empat khususnya kakao sangat cerah. Sayangnya, kondisi infrastruktur jalan di desa ini masih buruk sehingga perlu segera dibangun jalan tani untuk kepentingan masyarakat di desa ini,"kata Gubernur Anwar Adnan Saleh saat berdialog dengan petani kakao di Papalang, Mamuju, Selasa.

Menurut gubernur, akses jalan yang buruk akan berdampak terhadap gairah ekonomi bakal tidak efektif. Karena itu, setelah pemerintah merekam keluh kesah petani serta kondisi yang terjadi maka tidak ada alasan untuk tidak membangun jalan tani di daerah ini.

"Saya kesini bukan memberikan janji karena ada kepentingan politik. Tetapi, selaku pemimpin harus melihat apa yang menjadi kebutuhan rakyat,"kata dia.

Karena itu kata gubernur, anggota DPRD dan para kepala dinas untuk sering-sering turun memantau merekam apa yang menjadi kebutuhan paling mendesak bagi masyarakat di desa tersebut.

Sebelumnnya, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulbar Hamzah, dana pembangunan jalan tani di Sulbar telah mencapai Rp1,4 miliar. Dana itu diperoleh dari alokasi anggaran pemerintah pusat pada 2012.

Menurut dia, dengan dibangunnya jalan usaha tani di Mamuju, maka petani yang masih sulit menjangkau areal pertanian akan lebih mudah dan dapat memaksimalkan pemasaran hasil produksi.

Secara keseluruhan anggaran pembangunan jalan usaha tani yang dialokasikan pemerintah pusat untuk Provinsi Sulbar yang memiliki lima kabupaten sekitar Rp4 miliar.

Menurut dia, jalan tani yang akan dibangun di Sulbar dengan menggunakan anggaran itu adalah jalan tani di wilayah terpencil yang selama ini sulit dijangkau pada lima kabupaten.

"Untuk di Desa Batu Empat belum bisa langsung dilaksanakan pembangunan jalan tani karena belum tercantum dalam usulan anggaran 2012. Jalan tani di Desa Batu Empat baru dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2013 baik melalui APBD maupun APBN,"pungkasnya.(Iwn/Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar